Sabtu, 24 Desember 2011

5 Hal Yang Dapat Merusak Mata



Mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat berperan penting dalam kehidupan. Bila mata rusak, tentunya akan sulit bagi kita untuk melakukan banyak hal. Untuk itu, butuh perawatan dari dalam maupun luar tubuh agar mata tetap sehat.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, pola hidup sehat juga harus diterapkan. Selain itu, Anda harus memerhatikan hal-hal berikut untuk mencegah mata dari kerusakan:

1. Waspada Kosmetik Mata.
Anda tidak perlu takut menggunakan kosmetik mata, tetapi yang harus diperhatikan adalah waktu kedaluwarsa dari kosmetik tersebut. Dr. Susan Blakeney, konsultan optometric dari The College of Optometrists mengatakan, alat-alat kecantikan seperti maskara dan eyelinerbutuh perhatian serius. Paling tidak jangka waktu pemakaian yang tepat tidak lebih dari enam bulan. Mengenakan kosmetik mata yang sudah kedaluwarsa bisa menyebabkan iritasi dan penyakit herpes mata yang menyebabkan kebutaan.

2. Lensa Kontak Kotor. 
Bila Anda berencana menggunakan lensa kontak, pilihlah dengan kadar air 50 – 60 persen. Bila menggunakan frequent replacement, upayakan pilih produk yang maksimal pemakaiannya adalah 3 hingga 6 bulan. Untuk penggunaan permanent replacement, pilih dengan jangka waktu maksimal 1 tahun. Dr Assumpta Madu, optometrist terkemuka dari New York mengatakan, saat menggunakan lensa kontak, bersihkan sedikitnya dua kali dalam sehari dan lepas lensa kontak saat tidur. Bila hal tersebut tidak dilakukan, maka bakteri dapat mengontaminasi dan merusaknya.

3. Radiasi Matahari.
 
Sebaiknya, Anda tidak asal pilih kacamata hitam untuk menghindari radiasi matahari. Kacamata yang baik untuk menangkal sinar ultraviolet adalah yang memiliki standar internasional dengan logo CE atau BS EN 1836:2005 yang sudah lolos kualifikasi WHO.

4. Pola Makan Tidak Sehat
Seiring bertambah usia, mata rentan akan Age-Related Macular Degeneration (AMD), yaitu rusaknya macula mata yang bisa menyebabkan kebutaan. Penelitian dari School of Medicine and Ophtamology di Universitas Indiana, Amerika Serikat, mengatakan untuk mengurangi AMD, orang dewasa yang sering terpapar matahari dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.

5. Kacamata Renang. 
Saat berenang di kolam umum, mata rawan terkena zat desinfektan seperti klorin yang bila kelamaan akan mengikis lensa mata Anda. Untuk itu, saat berenang di tempat umum, penggunaan kacamata renang sangat dianjurkan untuk menghindari korosi lensa mata. Namun, sebelum berenang, pastikan bahwa kacamata renang Anda bersih dari bakteri. “Penting untuk menjaga kebersihan lensa kacamata renang, karena terdapat banyak bakteri sisa dari air kolam renang. Bila Anda menggunakan lensa kontak saat berenang, mengganti lensa wajib bagi Anda, karena bakteri yang menempel di lensa kontak sulit dibersihkan,” ujar Dr. Susan Blakeney, konsultan optometric dari The College of Optometrists.



SUmber

1 comment

20 Mei 2013 21.40

jika menggunakan softlens ya harus di bersihkan terlebih dahulu pastikan softlens tersebut tidak kotor, kalo kotor ya pasti tidak nyaman dimata

Masukkan Komentarmu

Jika artikel di atas menarik silahkan berkomentar dengan sopan. Terima kasih.
Blog ini DOFOLLOW silahkan berkomentar jika menginginkan Backlink.

Next Next home