Rabu, 12 Oktober 2011

3 Dampak Pemanasan Global Bagi Kesehatan



Akhir-akhir ini sering kita dengar isu mengenai pemanasan global. Salah konfrensinya pernah diadakan di indonesia. Pemanasan global tentunya banyak sekali dampaknya baik dampak terhadap lingkungan maupun dampaknya terhadap kesehatan kita.  Dampak pemanasan global bagi kesehatan jarang sekali kita dengar, yang paling sering kita dengar adalah dampak pemanasan global bagi lingkungan.





Sebelum kita melangkah lebih jauh ada baiknya kita telaah apakah pengertian dari pemanasan global :
Menurut kamus online wikipedia pemanasan global adalah
Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.
Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, “sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia” melalui efek rumah kaca.
Menurut pengertian lain pemanasan global adalah Secara singkat pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi.
Dari pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa pemanasan global merupakan naiknya suhu permukaan bumi kita menjadi sangat panas dan tentu saja berdampak pada kesehatan kita. Secara singkat dampaknya terbagi dalam 3 kategori yaitu penyakit akibat perubahan cuaca, pergeseran ekosistem dan degradasi lingkungan.
Berikut  dampak pemanasan global terhadap kesehatan kita :
  • Penyakit akibat perubahan cuaca.
Dari perubahan cuaca ini yaitu perubahan cuaca bumi sangat panas sehingga berdampak pada mencairnya es di kutup utara. Es yang mencair akan menyebabkan permukaan air laut naik dan dapat menyebabkan banjir. Dari banjir akan timbul penyakit-penyakit seperti leptospirosis. Di samping itu juga dapat timbul penyakit-penyakit akibat bencana alam seperti diare, trauma psikologis, diare dan masih banyak lagi.
  • Pergeseran ekosistem
Dari pergeseran ekosistem , terdapat 3 sumber penyakit yaitu penyakit yang disebabkan oleh air, vektor dan udara. Adapu penyakitnya seperti diare, sesak nafas, pneumonia, penyakit paru,  malaria, demam berdarah dan lain-lain
  • Degradasi lingkungan.
Yang disebabkan oleh pencemaran limbah pada sungai juga berkontribusi pada waterborne diseases danvector-borne disease. Ditambah pula dengan polusi udara hasil emisi gas-gas pabrik yang tidak terkontrol selanjutnya akan berkontribusi terhadap penyakit-penyakit saluran pernafasan seperti asma, alergi, coccidiodomycosis, penyakit jantung dan paru kronis, dan lain-lain.
Akhirnya salah satu cara untuk mengurangi dampak pemanasan global ini bagi kesehatan dapat kita lakukan dengan cara menghemat sumber daya alam sekitar.



Next Next home